PULSA-Pulsa Termurah |Dealer Pulsa Elektrik-Distributor Pulsa Murah Bisnis Pulsa Elektrik Pulsa murah Voucher Elektronik USSD Download gratis Free Forex MT4 EA Expert Advisor Fusion
Jumat, 2016-12-09, 1:18 AM

Pulsa Elektrik Termurah Jateng-Jakarta-Jogja-Jatim_Bandung

Detail Menu


Pulsa Elektrik
Download Gratis
Menu Utama
Free Backlink
Business Blogs
business blog Free Backlink Exchange-Tukar Link Sistema Enlaces Reciprocos Sistema Enlaces Reciprocos
Just copy this banner code to your website or blog:This program is a free automatic backlinks exchange services and free web traffic from other users. Everyone knows how important backlinks to get a high pagerank. Here, we offer a backlink for free and very fast for your sites. Copy the html code first, and then paste to your website or blog. To view your backlink you can click the image link from your website or blog. And well... your website url done and will be displaying in last references. If any visitors click this banner from your website or blog, your url backlink will be creating automatically in this website. Enjoy with this seo tricks.   

Recent Referer Backlinks

Backlink Friend

Free Automatic Backlink Free Automatic Backlink Kostenlose Backlink Austausch Cárdenas.net Free Backlinks DAHOAM Free Backlinks Linki Linki Free Backlinks ECBanner Die Gute Saat Free Automatic Link Die Gute Saat Free Automatic Link Free Backlinks Exchange Free Automatic Link kostenlose backlinks Free Automatic Link echange de liens Free Automatic Link Free Automatic Link Intercambio de enlaces Free Automatic Link Free Automatic Link Free Automatic Link Free Automatic Link Free Automatic Elvira Links Free Automatic Link Free Automatic Link Intercambio gratis de Enlaces Free Backlinks Free Backlinks Free Backlinks Free Backlinks Enlaces Gratis Unlimited Backlink Exchange Unlimited Backlink Exchange Free Backlinks Streichquartett Tradiciones Peruanas de Ricardo Palma














Streichquartett Automatic Backlink Exchange Free Automatic Link Multiple Backlinks


La Bonne Semence Free Automatic Link Plugboard Free Backlink Exchange
Web Link Exchange Text Backlink Exchanges Soqoo Link Exchange Text Back Link Exchange Text Back Links Exchange Text Back Links Exchanges backlink Hochzeitsmusik - Streichquartett backlink backlink Free Auto Backlink Generator Get a Free Backlink Florists Links top backlinks referers free Get a Free Backlink trafic backlinks Kostenlose Backlinks bei http://www.backlink-clever.de
SEO-Supreme Professional search tools for free referents backlinks backlinks refere free instant backlink for blog and website
[ New messages · Members · Forum rules · Search · RSS ]
Page 1 of 11
Forum » Info Ilmu Islam » IPTEX dan ISLAM » WATER RELAXATION SERIAL QUANTUM MEDITATION (Menjaga Kebugaran Tubuh, Pikiran, Emosi & Jiwa melalui)
WATER RELAXATION SERIAL QUANTUM MEDITATION
dibyoDate: Kamis, 2009-10-08, 1:39 AM | Message # 1
Colonel
Group: Administrators
Messages: 154
Reputation: 0
Status: Offline
WATER RELAXATION
SERIAL QUANTUM MEDITATION

WATER
Relaxation

Menjaga Kebugaran Tubuh, Pikiran,
Emosi & Jiwa melalui
Terapi Wudlu & Mandi Khusyuk

Bhre Tandes

WATER
Relaxation

Menjaga Kebugaran Tubuh, Pikiran,
Emosi & Jiwa melalui

Terapi Wudlu & Mandi Khusyuk

Singkirkan Stres faali dari tubuh, dan tubuh akan menjalankan apa yang sudah dirancang baginya. Ia menyembuhkan diri.
(DR. BEN JOHNSON)

Untuk
Ibunda Sri Fi’idati
Dan Shanty Devy Nura’aini

DAFTAR ISI

Prolog

Ucapan Terima Kasih

Pendahuluan

Bab Satu : Apa itu Wudlu dan Mandi Khusyuk ?

Bab Dua : Terapi Pijat-Air (Hydro-Message Therapy) dengan Wudlu & Mandi

Bab Tiga : Membersihkan Emosi Negatif dengan Wudlu

Bab Empat : Dimensi Esoterik Wudlu & Mandi

Bab Lima : Pelatihan Terapi Wudlu & Mandi Khusyuk

Epilog

Pendahuluan

Ketika saya mengaji pada seorang ustadz bernama K.H Ibrahim di Banyuwangi pada tahun 1988 lalu, saya diberi PR dengan suatu pertanyaan kritis : “Kenapa yang kentut duburnya kok yang dibasuh muka, kepala, telinga, tangan dan kakinya ?”. Bagi saya yang ketika itu masih seorang remaja awam tentang agama pertanyaan itu sangat memusingkan. Sampai saya berhenti mengaji pada beliau, karena harus meneruskan studi ke ITS - Surabaya pertanyaan itu tetap misteri bagi saya.

Sampai pada suatu ketika pada tahun 1998 saya membaca buku seri pengetahuan Kimia Dalam Taoisme yang berjudul “Fusi Lima Unsur : Meditasi Dasar dan Lanjutan untuk Mengubah Emosi Negatif “ yang menerangkan bahwa ada hubungan antara indera-organ dalam dan emosi manusia saya belum menemukan jawaban pertanyaan Kyai Ibrahim.

Sejak tahun 1988 saya belajar spiritual Islam dibawah bimbingan H.Slamet Oetomo Blambangan dan salah satu pelajaran praktisnya yang menarik adalah pelajaran Wudlu Esoterik. Pelajaran ini saya praktekkan terus dan membawa dampak luar biasa bagi kesegaran tubuh, pikiran, emosi dan jiwa. Inti dari pelajaran ini adalah berwudlu dengan khusyuk. Lima belas tahun lebih saya mempraktekkan metode Wudlu Esoterik ini sampai pada suatu ketika saya secara tidak sengaja menyadari : bahwa Wudlu adalah proses transformasi emosi negative menjadi energi positif kehidupan. Dengan pemahaman atas teori Kimia Dalam Tao, saya menjadi mengerti bahwa : Pembasuhan mata dengan air, akan menciptakan efek relaksasi dan pembersihan emosi negative pada Hati (Lever) dan Kandung empedu. Pembasuhan lubang hidung dengan air, akan menciptakan efek relaksasi dan pembersihan emosi negative pada Paru-Paru dan Usus Besar. Berkumur-kumur dengan air, akan menciptakan efek relaksasi dan pembersihan emosi negative pada jantung, timus dan limfa, pancreas. Pembasuhan telinga dengan air, akan menciptakan efek relaksasi dan pembersihan emosi negative pada ginjal.

Pengetahuan ini kemudian saya sharingkan dengan kawan-kawan saya. Mereka mencobanya dan menurut mereka berwudlu dengan pemahaman ini dirasakan lebih efektif dan membawa dampak positif bagi kekhusyukan sholat. Teknik Wudlu ini terus kita kembangkan, diantaranya dengan mengadakan latihan bersama di sumber mata air Jolotundo, dan hasilnya mengejutkan ternyata membawa efek relaksasi yang luar biasa.

Beberapa point pertanyaan dari K.H. Ibrahim telah terjawab, namun masih tersisa pertanyaan yaitu mengapa tangan, lengan, kepala dan kaki juga harus dibasuh dan mengapa urut-urutannya harus demikian ?

Pada pertengahan tahun 2006 lalu saya mengalami sakit gigi yang sangat menyiksa diri. Sakit gigi yang menyebalkan ini saya alami selama lebih dari satu bulan, padahal sudah berobat ke dokter. Karena secara medis tidak dapat sembuh juga, saya mulai berpikir mencari solusi alternative. Lagi-lagi secara kebetulan, ada counter pijat releksi baru di buka didekat kantor dan saya pun mencobanya. Hasilnya lumayan dapat meringankan sakit gigi saya walaupun tidak 100 % hilang.

Selama dipijat saya amati bagaimana tukang pijat itu bekerja. Saya amati tukang pijat selalu mentreatment kedua telapak tangan dan kedua telapak kaki. Langsung saja pikiran saya terbuka : Bukankah Wudlu selalu diawali dengan membasuh kedua telapak tangan dan diakhiri dengan membasuh dua telapak kaki ? Subhanallah, pengetahuan saya tentang teknik berwudlu ditambahi ALLAH. Saya menjadi mengerti maksud pembasuhan kedua telapak tangan dan kedua telapak kaki yang tidak lain adalah tempat-tempat ujung syaraf.

Sementara saya terus merenungi temuan baru ini, saya dikejutkan oleh pijatan pada kedua lengan. Setelah dipijat ketegangan leher menjadi berkurang. Dalam batin saya, o…ini to maksudnya Wudlu harus membasuh kedua lengan. Alhamdulillah pertanyaan K.H. Ibrahim lengkap terjawab.

Setelah peristiwa pijat karena sakit gigi itu, selanjutnya saya pelajari buku-buku tentang pijat refleksi dan akupuntur. Dengan maksud sedikit lebih memperdalam pengetahuan tentang refleksiologi. Saya membaca teknik-tekniknya dan kemudian terinspirasi olehnya dan mendapatkan pengetahuan : bahwa sebenarnya Mandi itu juga merupakan bentuk dari proses pemijatan.

Dengan bekal sedikit pengetahuan dan pengalaman, selanjutnya saya mencoba merumuskan metode Mandi-Pijat. Rumusan sederhana ini segera saya uji cobakan pada diri saya sendiri, dan hasilnya ternyata ajaib : sakit gigi saya menjadi sembuh dan saya juga merasakan dampak relaksasi yang luar biasa dari proses Mandi-Pijat ini.

Bermula dari pengalaman-pengalaman tidak sengaja ini saya mencoba mengkodifikasikannya menjadi metode praktis Wudlu & Mandi untuk terapi kesehatan lahir dan batin. Metode ini kemudian saya uji cobakan juga pada kawan-kawan saya terutama untuk mendapatkan kondisi rileks. Dan syukur Alhamdulillah, rumusan dari praktek terapi Wudlu & Mandi Khusyuk tersebut berhasil saya bukukan.

Saya berharap setiap orang yang membaca buku ini akan menyadari begitu bermanfaatnya Wudlu & Mandi yang dilakukan secara khusyuk bagi kebugaran tubuh, pikiran, emosi dan jiwa dan selanjutnya mau menyebarkan pengetahuan ini kepada orang lain.

Bergabunglah dengan saya dalam merasakan manfaat demi manfaat dari Wudlu dan Mandi Khusyuk, di halaman-halaman buku ini.

BAB SATU
Wudlu dan Mandi Khusyuk

Tubuh kita adalah produk dari pikiran kita. Kita mulai memahami tingkat ilmu kedokteran ketika sifat pikiran dan emosi menentukan substansi, struktur, dan fungsi fisik dari tubuh kita.
(DR. John Hagelin)

Saya yakin, hampir semua orang Islam mengenal ritual wudlu dan mandi (baik mandi wajib maupun sunah). Namun sedikit sekali yang menyadari betapa besar manfaat dari kedua ritual yang sangat sederhana tersebut. Setiap muslim setidaknya lima kali sehari melakukan wudlu sebelum menjalankan sholat, melaksanakan mandi junub untuk mensucikan diri dari hadats besar, melakukan mandi sunah untuk sholat jum’at dan hari-raya. Dan tentunya tidak hanya orang Islam saja, biasanya setiap orang melakukan mandi minimal dua (2) kali sehari.

Ritual keagamaan dengan menggunakan air sebagai medium yang dianggap suci, tidak hanya dilakukan oleh orang-orang Islam. Ritual air sifatnya universal, misalkan saja orang-orang Hindu melakukan apa yang disebut melukat – pada dasarnya adalah ritual seperti mandi, demikian juga orang-orang Nasrani melakukan pembabtisan juga menggunakan air.

Mengapa Menggunakan Air ?
Tidak lain adalah, karena air adalah cairan yang paling efektif untuk membersihkan tubuh dari kotoran-kotoran yang melekat pada bagian luar tubuh manusia. Dengan cara mengguyurkan air pada seluruh rambut dikepala dan seluruh kulit tubuh maka kotoran-kotoran yang melekat dapat digelontor. Dengan demikian tubuh luar menjadi bersih.

Pengguyuran air pada tubuh yang disertai usapan, pemberian tekanan, penggetaran, perlakuan beda suhu (air panas atau dingin) merupakan tindakan memberikan rangsangan pada titik-titik akupuntur dan refleksi yang membawa efek serupa dengan efek yang dihasilkan oleh pijatan akupuntur dan refleksi.

Pengguyuran air sejuk pada bagian kepala memberikan sensasi kesegaran pada pikiran dan mengkondisikan pikiran kita pada keadaan beristirahat (rileks). Selain itu, perhatian kita pada rasa atau sensasi sejuk/ hangat yang ditimbulkan oleh air dapat membuat kita melupakan apa-apa yang menjadi beban pikiran. Hal ini yang demikian sangat membantu pikiran untuk menjadi rileks.

Selain itu, air juga mempunyai makna esoterik. Oleh karena itu, efek penggunaan air dalam ritual-ritual keagamaan tidak hanya berpengaruh pada fisik, pikiran dan emosi saja. Akan tetapi juga membawa dampak pada jiwa manusia secara langsung. Mengapa demikian ? penjelasannya adalah sebagai berikut :

Penemuan Masaru Enomoto, seorang peneliti independent Jepang mengungkapkan bahwa air adalah sesuatu yang hidup. Risetnya dengan foto-foto kristal- kristal air diseluruh dunia menghasilkan sesuatu yang sangat menakjubkan, bahwa “air dapat menyimpan pesan-pesan”. Dari hasil foto-foto kristal air yang dibuat oleh Masaru Enomoto dibuktikan bahwa air adalah sesuatu yang mempunyai kesadaran. Air memiliki kemampuan untuk menyalin dan menyimpan informasi.

Foto-foto kristal air Masaru Enomoto menunjukkan, bahwa bentuk-bentuk kristal mempunyai relasi dengan keadaan kejiwaan dimana air berada. Kristal-kristal dari air yang telah dipapar kata-kata mulia akan berbentuk utuh dan seimbang, sedangkan kristal-kristal dari air yang dipapar dengan kata-kata kasar/ buruk berbentuk tidak utuh dan rusak. Energi kata-kata dicerminkan dalam bentukan kristal, dan bergantung pada kata-katanya, kristalnya bisa indah atau sangat buruk. Lebih jauh lagi, Masaru Enomoto menemukan bahwa kata-kata yang dapat menciptakan kristal-kristal terindah adalah “Cinta & Syukur”.

Kepercayaan tentang pengaruh kata-kata pada kualitas air telah lama berkembang dikalangan umat manusia. Sebagai bukti : bahwa pada setiap acara ritual keagamaan yang menggunakan air seperti wudlu, mandi, melukat, baptis dan sebagainya selalu diiringi dengan pemakaian kata-kata baik secara lisan, pikiran dan jiwa seperti : do’a, dzikir, mantram dan pembacaan ayat-ayat atau kata-kata suci lainnya.

Dalam do’a, dzikir, mantram dan pembacaan ayat-ayat atau kata-kata suci lainnya yang mengandung makna-makna spiritualitas akan membentuk kesadaran spiritualitas bagi siapa membacanya. Dalam ritual air keagamaan : “Kekuatan ruh dari kata-kata suci tersebut berpadu dengan kesadaran spiritualitas jiwa manusia akan membentuk getaran-getaran Luhur yang ditangkap dan disimpan oleh air. Kemudian, jika digunakan, air yang sudah mengandung Energi Luhur tersebut akan mensucikan tidak hanya bagian-bagian fisik saja akan tetapi juga akan mensucikan pikiran, emosi, dan jiwa”.

Karena : rata-rata 70 % tubuh manusia terdiri dari air, kita memulai hidup sebagai janin yang 99 % adalah air. Ketika kita lahir, kita adalah 90 % air, dan pada saat kita mencapai dewasa, kita adalah 70% air. Jika kita mati pada usia lanjut, kemungkinan kita adalah 50 % air. Dengan kata lain, disepanjang hidup kita terutama eksis sebagai air (Emoto Masaru, 2006). Sehingga kata-kata suci nan luhur yang diucap secara lisan, di-iyakan oleh pikiran, diyakini hati dan disadari Jiwa akan memancarkan Energi Positif Spiritual yang akan ditangkap dan disimpan dalam air yang mengisi 70 % tubuh manusia. Air adalah air, entah berada dalam cangkir, diatmosfir, atau didalam tubuh;pada dasarnya air saling berkaitan. Air diluar Anda beresonansi dengan air di dalam Anda. Dengan prinsip ini, kita dapat mensucikan jiwa kita dengan sarana air, kita dapat menginstall karakter-karakter suci lewat media air dan kita juga dapat meningkatkan kesadaran religiusitas kita juga dengan air.

Terapi Minum Air Putih
Percobaan foto-foto kristal air membeku Masaru Emoto, menemukan fakta yang menakjubkan bahwa : foto kristal terindah dihasilkan oleh air yang dipaparkan padanya kata-kata “Cinta & Syukur”. Masaru Emoto dalam bukunya Mukjijat air mengungkapkan : “Bila Anda terus memikirkan pikiran-pikiran cinta dan syukur, tak terelakkan Anda akan berubah. Pikiran-pikiran ini akan mengubah air di dalam diri Anda, dan hasilnya…….Anda pasti berubah.

Masaru Emoto kemudian menjelaskan : “ Kita ingin memurnikan air di dalam tubuh, tetapi kita juga ingin menjadikan air yang kita minum semurni mungkin. Berikut ini adalah cara yang mudah untuk melakukannya : sebelum Anda minum, berhentilah sebentar dan pandangi airnya. Dengan perasaan hangat dan murah hati, katakan “Terima kasih” kepada air, kemudian Anda meminumnya. Saya melakukan hal ini sepanjang hari, manakala saya minum air, dan ini membuahkan perbedaan nyata. Ucapan terima kasih pada air sebelum meminumnya menghasilkan perubahan rasa pada air. Pada saat Anda berkata “Terima kasih”, getaran positif yang diperlukan untuk pembentukan kristal yang indah akan dimulai. Getaran menyebar ke atmosfir, membentuk cincin getaran yang terus menyebar yang dirasakan oleh tubuh. Air adalah air, entah berada dalam cangkir, di atmosfir, atau di dalam tubuh; pada dasarnya air saling berkaitan. Air diluar Anda beresonansi dengan air di dalam Anda”.

Cerita Masaru Enomoto diatas mengingatkan pada pelajaran yang saya dapatkan dari kawan saya dua belas (12) tahun lalu tentang “Etika minum”. Sejak saya mendapatkan pelajaran itu, saya praktekan sampai sekarang dan Alhamdulillah hasilnya luar biasa bagi kesehatan tubuh, pikiran, emosi dan jiwa. Inti dari pelajaran ini adalah pada saat minum kita sebelum minum dianjurkan mengucapkan Bismillahi Rahmani Rahiem yang merupakan makna “Cinta Ilahiah” kemudian kita teguk air. Lalu berhenti sebentar dan mengucapkan “Syukur Ilahiah” Alhamdulillahi Rabbil ‘Alamien. Lalu mengulanginya 3 (tiga) kali baru kemudian meneguk habis sisanya. Saya baru sadar setelah membaca buku-buku Masaru Enomoto, bahwa Paduan “Cinta & Syukur” akan menghasilkan getaran kebahagiaan tertinggi. Bukankah Paduan Bismillahi Rahmanie Rahiem & Alhamdulillahi Rabbil ‘Alamien adalah Paduan dari “Cinta & Syukur Ilahiah” dan tentunya akan menghasilkan getaran kebahagiaan Ilahiah yang holistic dan maha dasyhat.

Wudlu & Mandi
Wudlu dan Mandi adalah teknik mensucikan diri dengan menggunakan air yang diajarkan Islam. Teknik ini digunakan ketika orang akan melakukan ritual ibadah, untuk membebaskan diri dari apa yang dinamakan hadats kecil dan hadats besar. Wudlu yang merupakan proses pensucian diri dari hadats kecil, dilakukan sebelum orang menjalankan sholat, saat mau membaca kitab suci atau sebelum mengulangi hubungan suami istri.

Adapun tuntunan cara melakukan wudlu adalah, sebagai berikut :

• Yang pertama, membasuh kedua telapak tangan.
• Kedua, berkumur-kumur.
• Ketiga, membasuh kedua dua rongga hidung.
• Keempat, membasuh muka.
• Kelima, membasuh kedua lengan tangan.
• Keenam, membasuh kepala.
• Ketujuh, membasuh kedua telinga.
• Yang terakhir, membasuh kedua kaki.

Sedangkan “Mandi Wajib” dilakukan untuk proses pensucian diri dari hadats besar setelah melakukan hubungan suami-istri, bagi wanita yang lepas menstruasi dan melahirkan. “Mandi Sunah” dilakukan pada waktu-waktu penting misalkan saat sebelum sholat jum’at dan hari-raya.

Prosesi Mandi Wajib & Mandi Sunah adalah sebagai berikut :

• Membasuh kepala secara keseluruhan
• Membasuh seluruh tubuh bagian kanan
• Mambasuh seluruh tubuh bagian kiri

Selain Mandi Wajib dan Sunah yang saya uraikan didepan, secara umum manusia juga melakukan Mandi minimal dua (2) kali sehari untuk keperluan pembersihan diri dari najis (kotoran) serta menjaga kesegaran tubuh.

Wudlu & Mandi akan membawa manfaat optimal apabila dijalankan dengan Khusyuk, artinya dengan sungguh-sungguh, cara yang baik & benar serta penuh penghayatan. Secara garis besar, beberapa manfaat yang didapatkan dari Wudlu & Mandi Khusyuk adalah, antara lain :

• Membersihkan bagian luar tubuh dari kotoran serta kuman-kuman penyakit
• Memelihara kesegaran & kebugaran tubuh
• Menjaga kesehatan organ-organ dalam
• Membawa keadaan rileks bagi fisik, pikiran dan emosi
• Mengubah emosi negative menjadi positif
• Mendatangkan ketentraman jiwa

Dalam buku ini saya ingin membagikan sedikit pengetahuan dan pengalaman tentang manfaat, filosofi, dan teknik dari Wudlu & Mandi Khusyuk yang telah saya pelajari, kembangkan, praktekkan dan ujikan ke kawan-kawan saya. Semoga memberikan manfaat.

Sebelumnya, supaya tidak menimbulkan salah paham dan pengertian, saya tegaskan bahwa Terapi Wudlu & Mandi Khusyuk yang akan saya uraikan dalam buku ini bukanlah bentuk tambahan terhadap ritual Wudlu & Mandi seperti yang diajarkan syariat. Akan tetapi Terapi Wudlu & Mandi Khusyuk yang dimaksud dalam buku ini adalah sekedar metode relaksasi layaknya pijat refleksi, spa, meditasi, senam yoga, olah raga atau metode-metode lainnya yang sifatnya umum.

 
dibyoDate: Kamis, 2009-10-08, 1:40 AM | Message # 2
Colonel
Group: Administrators
Messages: 154
Reputation: 0
Status: Offline
BAB DUA
Terapi Pijat-Air
(Hydro-Message Therapy)
dengan Wudlu & Mandi

Faal tubuh kita menciptakan penyakit
untuk memberi umpan balik kepada kita, untuk memberi tahu kita bahwa
ada ketidak seimbangan sudut pandaining, atau
bahwa kita tidak cukup mencintai dan bersyukur. Jadi, tanda dan gejala tubuh bukanlah sesuatu yang buruk.(DR. John Demartini)

Terapi Pijatan (Message Therapy)
Menurut ilmu kedokteran Tiongkok kuno, kesehatan tubuh manusia dikuasai oleh dua organ utama, yaitu organ otak dan jantung. Lebih jauh dijelaskan bahwa terdapat 12 jalur atau meridian saraf yang masing-masing berhubungan dengan tiap-tiap organ tubuh kita.

Enam (6) organ perut atas dengan jalur/meredien melalui tangan, yaitu jalur-jalur : Paru-paru, Jalur Usus Besar, Jalur Pembungkus Jantung, Jalur San Chiau, Jalur Jantung dan Jalur Usus Kecil.

Sedangkan Enam (6) organ perut bawah dengan jalur/ meredien lainnya melalui kaki, yaitu jalur-jalur Lever-Pankreas, Jalur Lambung, Jalur Empedu, Jalur Kandung Kencing dan Jalur Ginjal. Pada tangan dan kaki terdapat titik-titik pusat urat saraf atau refeksi, dimana setiap titik tersebut berkaitan dengan organ-organ tubuh tertentu.

Disamping 12 Meredian tersebut diatas, terdapat dua meridian lagi. Yang satu di depan tubuh (Ren) dan satunya lagi ada di belakang tubuh (Tu). Berarti dalam tubuh manusia mempunyai 14 Meredian, dengan 365 titik Akupuntur. Jika Meredian atau aliran tenaga berjalan lancar, maka tubuh manusia sehat. Bila tidak lancar berarti tubuh manusia tidak sehat. Bila tubuh manusia sakit, penyakit itu akan mempengaruhi titik-titik akupuntur tertentu. Rangsangan pada titik-titik refleksi tersebut, seperti pemijatan misalkan dapat mempengaruhi organ yang berkaitan dengan titik refleksi tersebut.

Rangsangan kepada titik-titik akupuntur dan refleksi dapat dilakukan dengan cara ;mengusap, memberi tekanan, menggetarkan, menggunakan perlakuan perbedaan suhu (baik panas-maupun dingin) pada titik-titik refleksi dan akupuntur tubuh.

Terapi Air (Hydrotherapy)
Air sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia, baik untuk tubuh bagian dalam maupun bagian luar. Dengan minum air secukupnnya semua racun yang ada dalam tubuh akan digelontor. Apabila digunakan untuk mandi, air dapat membersihkan kulit kita dari segala macam kotoran yang selalu keluar melewati pori-pori, membuang sel-sel yang telah mati dari kulit luar (Miller,1953).

Selain untuk pembersihan, pengenaan air pada kulit sebenarnya merupakan proses memberikan rangsangan pada titik-titik refleksi dan akupuntur, yang dapat menimbulkan efek layaknya pemijatan refleksi dan akupuntur.

Mandi selain membersihkan kulit tubuh, juga merupakan proses memberikan tekanan serta proses perlakuan beda suhu menimbulkan dampak yang sama dengan pemijatan. Hal ini akan memberikan efek positif bagi relaksasi dan kesehatan organ-organ tubuh manusia.

Menurut Miller (1953), baik air panas maupun dingin akan memberikan rangsangan kepada titik-titik refleksi dan akupuntur manusia. Disamping itu, memberikan temperature beda pada tubuh manusia akan memperlancar aliran darah dalam tubuh manusia. Kelancaran aliran darah akan memperbaiki nafsu makan, mendatangkan perasaan bugar dan sehat yang sangat berguna bagi badan kita untuk melawan hama penyakit.

Untuk melakukan terapi air dapat digunakan air panas maupun dingin, tergantung waktu dan kondisi tubuh. Untuk manusia normal dan waktu pagi dan siang hari, melakukan hidroterapi denga air dingin lebih memberikan manfaat. Sedangkan untuk malam hari atau orang yang kurus, sebaiknya menggunakan air panas. Hidroterapi semacam ini, apabila dilakukan dua atau tiga kali sehari akan berfaedah untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Wudlu & Mandi adalah Terapi Pijat-Air (Hydro-Message Therapy)
Wudlu dan Mandi adalah bentuk dari terapi air (hydrotherapy) dan sekaligus juga terapi pijat (message therapy). Mengapa demikian ? Marilah kita coba mendiskuskannya bersama.

a. Wudlu
Jika kita perhatikan bukankah ;

• Pada saat membasuh kedua tangan (kanan dan kiri), itu berarti melakukan terapi pijat-air pada organ-organ tubuh yang terkait dengan enam (6) Jalur/ Meridian Perut Atas. Hal ini akan menciptakan efek relaksasi dan pemeliharaan kesehatan organ-organ dalam tubuh seperti Paru-paru, Jalur Usus Besar, Jalur Pembungkus Jantung, Jalur San Chiau, Jalur Jantung dan Jalur Usus Kecil. Membasuh telapak tangan dengan air sembari memijit ujung-ujung saraf dapat menetralisir kekacauan bio-listrik yang mengganggu aktivitas organ tubuh. Dengan cara memijit saraf motorik yang terdapat di sela antara kelingking dengan jari manis, antara jari manis dan jari tengah, kemudian mengarah ke pangkal telunjuk berarti mengaktifkan tombol getar tubuh untuk membuang endapan bio-listrik yang overload (sehingga bio listrik menjadi stabil dan normal kembali sehingga organ-organ dapat bekerja kembali dengan baik).
• Pada saat membasuh muka, bukankah kita melakukan rangsangan pada titik-titik akupuntur wajah yang akan menciptakan efek relaksasi wajah.
• Pada saat membasuh kedua lengan tangan, pada dasarnya melakukan pijatan refleksi pada titik-titik refleksi lengan yang akan membuat lengan, bahu dan leher lebih kendur (rileks).
• Pada saat membasuh kepala pada dasarnya melakukan pemijatan titik-titik refleksi dan akupuntur kepala, agar menghilangkan seluruh ketegangan yang terjadi di daerah ini supaya menjadi relaks.
• Dan Membasuh kedua kaki berarti melakukan terapi pijat-air untuk pada organ-organ tubuh yang terkait dengan enam (6) Jalur/Meridian Perut Bawah. Hal ini akan menciptakan efek relaksasi dan pemeliharaan kesehatan pada organ-organ dalam tubuh seperti Lever-Pankreas, Jalur Lambung, Jalur Empedu, Jalur Kandung Kencing dan Jalur Ginjal.

b. Mandi
Sebagaimana Wudlu, Mandi adalah juga bentuk terapi pijat-air, dengan cara :

Mengguyur bagian kepala, merasakan setiap aliran air yang mengenai bagian tubuh, meratakan dengan tangan. Sembari melakukan pemijatan (pengusapan, penekanan dan penggetaran) dengan jari-jari anda kepada bagian kepala. Atau sekalian mengeramasi rambut. Adalah melakukan pemijatan kepala terutama pada titik-titik Pai Hui dan (ditengah tempurung kepala), Mi ze(di samping kepala), Tien Cu(di belakang kepala bagian bawah rambut), I Fung (dibawah kuping, di cekungan rahang bawah), Tien Cu (di perbatasan rambut belakang bawah), Ciau Yin (di belakang kuping ada tulang V, diatas V bila diraba ada cekungan, disitulah).

Sedangkan pijatan pada bagian wajah, terutama pada titik-titik Se Cu Gung (di cekungan pada ujung sisi luar alis mata), Tung Ce Liao (di cekungan sisi luar mata sejarak ibu jari), Can Cu (di ujung sisi dalam alis mata), Cing ming (di cekungan sudut mata dekat hidung), Tai Yang (pada cekungan pelipis), Se Pai (Sejarak ibu jari dibawah tulang menonjol yang ada dibawah mata), Ti Cang (disisi sudut bibir), Cen Ciang (di tengah-tengah cekungan di bawah bibir). Jika diulangi proses ini sebanyak minimal tiga (3) kali dan dilakukan dengan baik, mandi pijat bagian ini akan memberikan manfaat untuk mencegah dan menyembuhkan sakit kepala, pusing kepala, sakit mata dan menjaga kebugaran wajah.

Kemudian dilanjutkan dengan tubuh bagian kanan, menguyur air ke bagian kanan tubuh, merasakan setiap aliran air yang mengenai bagian tubuh, meratakan ke seluruh bagian tubuh kanan mulai dari bagian leher, ke bahu, ke lengan, ke pundak, ke punggung, kebagian depan dada, dan ke kaki. Dengan menggunakan sabun meratakan air ke seluruh tubuh bagian kanan ini dan memijat titik-titik refleksi dan akupunturnya, seperti ;

• Bagian Leher, pundak dan punggung : Wan Ku(di belakang telinga, di belakang ujung tulang V ada cekungan), Cie Pen (di tengah atas tulang selangka ada cekungan), Cien Cing (diatas pundak, tegak lurus dengan putting susu), Ci Huan (di sudut atas tulang skapula), Ke Su (disisi tulang punggung, sedatar dengan bagian bawah tulang scapula), Cien Liao (diantara lengan dan pundak), Tien Cung (di tengah tulang scapula), Cung Fu (di tengah bawah tulang scapula).
• Bagian Dada, pijatlah titik-titik di sepanjang tulang rusuk, tuang dada dan tulang pinggang.
• Bagian Lengan, pijatlah titik-titik : Sia Pai (disisi dalam lengan atas, setinggi putting susu), Ce Ce (di sisi luar sendi), Ci Ce(di sisi dalam sendi siku, searah jari kelingking), Sen Men (di sisi dalam pergelangan tangan), Lao Kung (di telapak tangan, diantara tulang jari manis dan jari tengah).
• Tangan, pijatlah titi-titik refleksi enam (6) jalur /Meredian : Paru-paru, Jalur Usus Besar, Jalur Pembungkus Jantung, Jalur San Chiau, Jalur Jantung dan Jalur Usus Kecil.

Denga dilanjutkan ke tubuh bagian kanan bawah, sembari meratakan air dengan sabun pijatlah daerah-daerah Ta Cang Su (dua jari di sisi kanan tulang punggung ke 4), Liang Ciu (dua jari di atas tempurung lutut agak ke luar), Sie Hai (dua jari dia atas tempurung lutut agak kedalam), Wai SiYen (Pada cekungan di bawah tempurung lutut sisi luar), Ne Si Yen (pada cekungan di bawah tempurung lutut sisi dalam), Wai Si Yen (pada cekungan di bawah tempurung lutut sisi luar), Wei Cung (tepat di tengah lipatan belakang lutut), Cen Sen (di pinggir batas perut tungkai), Cie Si (ditengah lipatan kaki).

Serta memfokus perlekuan pada kaki kanan, mengguyurkan air padanya, merasakan sensasinya, dengan sabun dipijat secara berurutan Enam (6) Jalur/ Meredian : Lever-Pankreas, Jalur Lambung, Jalur Empedu, Jalur Kandung Kencing dan Jalur Ginjal.

Serta melakukannya juga langkah tersebut untuk tubuh bagian kiri dengan cara yang persis sama seperti yang dilakukan pada tubuh bagian kanan. Maka, berarti Anda telah melakukan terapi air dan sekaligus terapi pijatan dengan tubuh Anda. Dan, Anda akan memperoleh manfaat kebugaran dan kesehatan tubuh.

Gambar 2.1. Refleksi Tangan

Gambar 2.2a Refleksi Kaki

Gambar 2.2b Refleksi Kaki

Gambar 2.2c Refleksi Kaki

 
dibyoDate: Kamis, 2009-10-08, 1:41 AM | Message # 3
Colonel
Group: Administrators
Messages: 154
Reputation: 0
Status: Offline
BAB TIGA
Membersihkan Emosi Negatif
dengan Wudlu

Sesungguhnya marah itu dari setan, dan setan itu dijadikan dari api,
dan yang dapat memadamkan api hanya air,
maka apabila seseorang dalam keadaan marah hendalah berwudlu (Hadits Nabi).

Organ Dalam dan Emosi Manusia
Menurut Mantak Chia & Maneewan Chia dalam bukunya “Fusi Lima Unsur : Meditasi Dasar dan Lanjutan untuk mengubah Emosi Negatif (1997)”, bahwa ada relasi antara emosi manusia dengan keadaan organ-organ vital dalam. Deskripsi dari relasi tersebut ditunjukkan pada gambar 3.1

Gambar 3.1. Organ Dalam dan Emosi Manusia

Emosi-emosi adalah bentuk eksternal energi daya kehidupan, dengan menekan emosi negative yang tidak diinginkan sama dengan melontarkan atau menekan daya kehidupan. Oleh karena itu, daripada menekan emosi-emosi negative tersebut, lebih baik mengendalikannya serta mentransformasikan menjadi emosi-emosi positif. Tentang pengendalian emosi negative, Mantak Chia & Maneewan Chia menjelaskan lebih lanjut :

Seperti orang tua terhadap anak, setiap indera Anda berhubungan dengan organ tertentu. Jika – seperti seorang anak yang nakal – salah satu organ memancarkan energi yang negative, organ ini perlu dikendalikan atau diberikan keseimbangan dan harmoni oleh indera, sebagai orang tuanya. Jika salah satu organ lemah atau sakit, emosi negative akan tercipta lebih banyak lagi karena sudah tidak ada disiplin. Dengan mengakui hubungan orang tua/ anak dan memperkuatnya, anda akan mampu meningkatkan energi anda.

Hubungan antara indera induk dan organ dalam sebagai anak, dapat Anda lihat pada gambar 3.2

Gambar 3.2. Hubungan antara indera dengan organ

Telinga-Ginjal

Telinga adalah bukan ginjal. Dengan mendengarkan dan meningkatkan penghayatan Anda terhadap ginjal, indera pendengaran diarahkan ke tempat ia akhirnya dapat dikendalikan. Anda akhirnya akan merasakan keseimbangan dalam diri, kedamaian dan harmoni.

Lidah – Jantung

Lidah adalah bukan dari jantung. Dengan menghubungkan lidah pada jantung, pusat bicara diarahkan ke dalamnya, dan godaan untuk berbicara tanpa perasaan/indera dapat dikendalikan. Lidah dan jantung akan merasakan kedamaian.

Mata-Hati

Mata adalah bukan dari hati. Dengan melihat ke dalam hati, indera penglihatan diarahkan ke dalamnya, dan godaan penglihatan dapat dikendalikan.

Hidung-Paru-paru

Hidung adalah bukan dari paru-paru. Dengan menghubungkan hidung pada paru-paru, indera penciuman akan diarahkan ke dalamnya, dan godaan akibat bau-bauan dapat dikendalikan.

Mulut-Limpa

Mulut adalah bukan dari limpa. Dengan menghubungkan mulut pada limpa, indera pengecap diarahkanke dalamnya, dan godaan selera dapat dikendalikan.

Bagaimana Mengubah Emosi Negatif Setiap Organ Menjadi Energi Bermanfaat ?
Dasar dari proses transformasi emosi negative setiap organ dalam dan menjadikannya emosi positif adalah dengan cara mengenali emosi-emosi tersebut melalui indera induknya dan kemudian menghembuskannya keluar. Langkah dasarnya adalah sebagai berikut :

• Arahkan kesadaran pada telinga, dan dengarkan (dengan perasaan) ginjal Anda. Sadarilah emosi-emosi yang dibangkitkannya yaitu rasa takut dan tertekan atau perasaan apapun yang tidak Anda sukai dalam ginjal. Kemudian dengan kekuatan Auto sugesti keluarkan (bersihkan) dari ginjal Anda. Biarlah Keramahan bangkit menggantikannya.

• Gerakkan lidah, hubungkan lidah dengan jantung, dan sadarilah rasa tidak sabar, tergesa-gesa, kekejaman atau perasaan apapun yang tidak Anda sukai dalam jantung. Kemudian dengan kekuatan Auto sugesti keluarkan (bersihkan) dari jantung Anda. Biarlah Cinta dan Bahagia muncul menggantikannya.

• Gerakkan mata, hubungkan mata dengan hati, dan sadari rasa marah atau perasaan lainnya yang tidak Anda sukai dalam hati. Kemudian dengan kekuatan Auto sugesti keluarkan (bersihkan) dari hati Anda. Biarlah kebaikan muncul menggantikannya.

• Tarik dan hembuskan nafas. Kemudian tarik nafas lagi, dan bentuklah hubungan antara hidung dan paru-paru. Energi negative paru-paru dapat berbentuk kesedihan, duka, dan putus asa, namun dapat dinyatkan oleh perasaan lainnya yang tidak Anda sukai. Hayatilah energi negative ini dan dengan kekuatan Auto sugesti keluarkan (bersihkan) dari paru-paru Anda. Biarlah kebenaran dan keberanian muncul menggantikannya.

• Hubungkan mulut dengan limpa kecil, dan sadarilah kekhawatiran atau emosi lain yang tidak anda sukai di limpa kecil. Kemudian dengan kekuatan Auto sugesti keluarkan (bersihkan) dari hati Anda. Biarlah kejujuran dan keterbukaan mengisinya.

Membersihkan Diri Dari Emosi Negative Dengan Wudlu
Meditasi pengelolaan sensasi dengan pengaturan melalui pikiran, dapat dilakukan dengan cara menimbulkan rangsangan lewat indra-indra induk, kemudian dengan kekuatan pikiran (autosugesti) sensasi-sensasi yang timbul dikirim ke organ-organ dalam.

Salah satu cara efektif untuk menciptakan sensasi positif adalah dengan menggunakan air. Dengan cara membasuh indra-indra induk dengan air, serta merasakan kesan sejuk dan rasa bersih yang dibangkitkannya, kemudian mengirimnya melalui pikiran (autosugesti) ke organ-organ dalam. Maka hal ini akan menciptakan efek rileks pada organ-organ dalam tersebut dan selanjutnya akan menciptakan efek pencernihan atas energi-energi emosi negative pada organ-organ dalam tersebut.

Dengan ;
• Membasuh mata berarti Anda menghubungkan mata dengan hati, akan menciptakan efek relaksasi dan pembersihan emosi negative pada Hati (Lever) dan Kandung empedu.

• Membasuh rongga hidung berarti Anda menghubungkan hidung dengan paru-paru, akan menciptakan efek relaksasi dan pembersihan emosi negative pada Paru-Paru dan Usus Besar.

• Berkumur-kumur adalah menghubungkan mulut dengan limfa dan lidah dengan jantung, akan menciptakan efek relaksasi dan pembersihan emosi negative pada jantung, timus dan limfa, pancreas.

• Dan pembasuhan telinga adalah proses menghubungkan telinga dengan ginjal, akan menciptakan efek relaksasi dan pembersihan emosi negative pada ginjal.

Dengan demikian menjadi jelas bagi kita bahwa, membasuh mata, rongga-hidung, berkumur-kumur dan membasuh telinga dalam Wudlu adalah proses merubah emosi negative menjadi energi kehidupan yang bermanfaat yang membawa pada kehidupan positif, damai dan bahagia.

Dengan berWudlu secara Khusyuk maka :
• Ketakutan diubah menjadi menjadi Keramahan
• Ketidak sabaran/ ketergesa-gesaan diubah menjadi Cinta, Bahagia
• Kemarahan menjadi diubah Kebaikan
• Kesedihan dan putus asa diubah menjadi Kebenaran dan Keberanian
• Khawatir dan Cemas diubah menjadi Kejujuran dan Keterbukaan.

BAB EMPAT
Dimensi Esoterik Wudlu

“Apabila berwudlu seorang hamba, yang muslim lalu berkumur-kumur maka keluarlah daripada mulutnya segala kesalahan, apabila menghisap-isap/ membersin, maka keluarlah dari pada hidungnya segala kesalahan, apabila membasuh mukanya maka keluarlah dari mukanya segala kesalahan, apabila membasuh kedua tangannya, maka keluarlah dari tangannya kesalahan, apabila membasuh kakinya maka keluarlah kesalahan dari kakinya, apabila membasuh kepalanya, niscaya keluarlah segala kesalahan daripada kepalanya sampai dari kedua telinganya ”.
(Hadits Nabi Muhammad )

Selain berkaitan dengan tubuh, pikiran dan emosi-Wudlu juga mempunyai keterkaitan dengan dimensi spiritualitas manusia. Sebagai ritual keagamaan, Wudlu merupakan salah satu bentuk proses untuk mensucikan jiwa dari dosa.

Jiwa yang dibebani dosa akan menjadi tidak tenang atau “stress”. Dosa adalah sumber penderitaan bagi jiwa. Dampak dosa akan selalu membuat beban bagi jiwa manusia. Oleh karena itulah, bagaimanapun juga sebisa mungkin jiwa harus dibersihkan dari beban dosa semacam ini. Agama mengaarkan bahwa, upaya pembersihan jiwa dari beban-beban dosa adalah dengan cara ber”TAUBAT”.

Secara filosofi TAUBAT berarti menyesali dosa-dosa masa lampau, memohon ampunan serta berkomitmen untuk tidak mengulanginya lagi. Dalam Wudlu ketiga dimensi TAUBAT ini harus dimanifestasikan.

Oleh karena itu, ketika kita membasuh kedua tangan haruslah disertai dengan kesadaran TAUBAT atas dosa-dosa yang dilakukan olehnya. Ketika berkumur-kumur harus disertai dengan kesadaran TAUBAT atas dosa-dosa karena ucapan kita. Ketika membasuh rongga hidung harus disertai dengan kesadaran TAUBAT akan dosa-dosa karena kelalaian hidup kita. Ketika membasuh muka haruslah disertai kesadaran TAUBAT akan dosa-dosa karena penglihatan kita. Ketika membasuh kedua telinga haruslah disertai dengan kesadaran TAUBAT akan dosa-dosa karena pendengaran kita. Ketika membasuh kepala haruslah disertai kesadaran TAUBAT akan dosa-dosa karena pikiran dan emosi kita. Dan ketika membasuh kedua kaki haruslah disertai dengan kesadaran TAUBAT akan dosa-dosa karena langkah-langkah kehidupan kita yang keliru.

Pada saat melakukan Wudlu sebaiknya pikiran, hati dan jiwa di fokuskan kepada Allah semata-mata, dengan terus-menerus berdzikir kepada-NYA serta disertai kesadaran bahwa Allah sedang mensucikan diri kita. Dari pengalaman, hal ini akan membawa dampak kepada pensuciam atau pencerahan jiwa secara optimal.

Tentang berWudlu secara esoterik, seorang maestro spiritual Bathara Slamet Oetomo Blambangan berbagi pengalamannya : ”Apabila melakukan wudlu dengan khusyuk, misalnya membasuh muka jangan hanya muka, tetapi apa yang ada dimuka yang ada dimuka yang bisa berbuat dosa, kepala basuhlah sampai ke dalam seolah-olah membasuh pikiran yang bisa melakukan dosa, telinga juga demikian juga tangan dan kaki, maka terasa seperti tampak dalam rasa goa rohani ini, ketika membasuh kepalanya rasanya seperti menyiram seluruh tubuh ini”. Maka Segarlah lahir batin kita.

BAB LIMA
Pelatihan Terapi Wudlu dan Mandi Khusyuk

Penyakit tidak dapat hidup di dalam tubuh yang memiliki keadaan emosi yang sehat. Tubuh melepaskan jutaan sel setiap detik, pada saat yang sama ia juga menciptakan jutaan sel baru.
(Bob Proctor)

Seperti diuraikan dalam bab-bab terdahulu, bahwa terapi Wudlu dan Mandi Khusyuk mempunyai manfaat antara lain :

• Dapat Membawa tubuh, pikiran dan emosi kepada keadaan rileks. Tubuh, pikiran dan emosi yang rileks terbukti mendatangkan manfaat-manfaat seperti : ketentraman batin; berkurangnya rasa cemas, khawatir dan gelisah; tekanan dan ketegangan jiwa menjadi rendah; detak jantung lebih rendah; mengurangi tekanan darah; ketahanan yang lebih besar terhadap penyakit; tidur lelap; kesehatan mental menjadi lebih baik; daya ingat lebih baik; meningkatkan daya berpikir logis; meningkatkan kreativitas; meningkatkan keyakinan; meningkatkan daya kemauan; ketajaman intuisi dan meningkatkan kemampuan berhubungan dengan orang lain.

• Merupakan sarana untuk memelihara kesehatan tubuh luar & dalam melalui proses terapi pijat-airnya.

• Wudlu juga merupakan proses meditasi untuk merubah emosi negatif menjadi energi positif kehidupan.

• Dan secara esoterik Wudlu adalah merupakan proses pensucian diri atau TAUBAT.

Selanjutnya, marilah kita berlatih berWudlu dan Mandi secara khusyuk.

Wudlu Khusyuk
Wudlu Khusyuk melibatkan proses fisik, pikiran, emosi dan jiwa secara utuh. Marilah kita bersama-sama mempraktekkannya dengan sungguh-sungguh. Berikut ini adalah cara yang mudah untuk melakukannya :

• Sebelum berwudlu sebaiknya Anda melakukan relaksasi terlebih dahulu, pejamkan mata, kemudian rasakan seluruh organ-organ tubuh bagian luar secara berurutan mulai dari ; ubun-ubun, kepala bagian atas, kening, pelipis, dua telinga, dua mata, hidung, mulut, lidah, rahang, gigi-gigi, leher, dua lengan, dua tangan, dua telapak tangan lengkap dengan jari jemarinya, dada, perut, kemaluan, dua paha, dua kaki, dua telapak tangan lengkap dengan jari-jemarinya. Setelah itu, kendurkanlah semua bagian-bagian tubuh yang Anda rasakan itu. Bila ada ketegangan kendurkanlah. Kalau Anda mengalami kesukaran untuk melakukan ini, katakanlah kepada tubuh anda tersebut bahwa anda merasa semakin lama semakin rileks, anda masuk lebih dalam………..dan semakin dalam. Dan tariklah nafas melalui hidung secara dalam-dalam gunakan pernafasan perut, keluarkan secara perlahan-lahan, dan dengarkan nafas anda…Hu……Hu…….Hu……… Kalau anda sudah merasa lebih relaks, anda akan memperhatikan pernafasan anda menjadi semakin pelan, semakin dalam dan semakin tenteram. Sambil terus menikmati keadaan rileks dan mengelola pernafasan, perhatikan dan rasakan organ-organ dalam ; Otak, Paru-paru, Jantung, Lever, Empedu, Limfa, Lambung, Usus, dan Ginjal dan sugestikan pada organ-organ ini untuk menjadi rileks.

• Timbulkan kesadaran jiwa, bahwa aku adalah jiwa bukan tubuh, pikiran dan emosi. Tubuh-pikiran-emosi adalah alat-alatku. Aku atau jiwa adalah tuan dari alat-alat ku yang berupa tubuh-pikiran-emosi.

• Dengan kesadaran jiwa, munculkan niat untuk berwudlu merilekskan tubuh-pikiran-emosi serta menjernihkan jiwa. Selanjutnya ucapkankah dengan lisan-pikiran-hati dan jiwa : “Bismillahi Rahmanie Rahiem : Atas nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang”, dengan disertai dengan kesadaran untuk menerima Energi Cinta atau Kasih-Sayang Tuhan serta menyebarkan Energi ini, kemudian :
• Selama berwudlu teruslah berdzikir mengingat Allah semata didalam batin dan lupakanlah yang lain dari Allah.

• Dan selanjutnya mulailah : membasuh kedua telapak tangan dengan air untuk tangan kanan dan kiri mulai dari yang kanan dulu sebanyak tiga (3) kali kemudian yang kiri juga sebanyak tiga (3) kali, rasakanlah air yang membasahi kedua telapak tangan kita. Lakukan juga pijatan-pijatan pada kedua telapak tangan Anda sembari meratakan air padanya. Pada saat itu, kita kondisikan Jiwa dengan kesadaran berTAUBAT atas dosa-dosa yang dilakukan oleh kedua telapak tangan kita ini. Ulangi pekerjaan ini sebanyak tiga (3) kali.

• Setelah itu berkumur-kumurlah. Rasakan air, dan saat berkumur-kumur ini, sadarilah hubungan lidah dengan jantung serta mulut dengan limpa. Berkumur-kumur berarti juga membersihkan emosi negative yang dibangkitkan jantung dan limfa. Pada saat itu, kita kondisikan Jiwa dengan kesadaran berTAUBAT atas dosa-dosa yang timbul karena perkataan kita. Ulangi pekerjaan ini sebanyak tiga (3) kali.

• Langkah berikutnya, sadari hubungan hidung dan paru-paru, kemudian bersihkan rongga hidung dengan air. Rasakan hubungan hidung dengan paru-paru. Membersihkan hidung berarti membersihkan emosi-emosi negative yang dibangkitkan paru-paru. Pada saat itu, kita kondisikan Jiwa dengan kesadaran berTAUBAT atas dosa-dosa akibat lalainya hidup kita.

• Kemudian, kita lanjutkan dengan membasuh muka. Ratakan air ke seluruh muka sembari melakukan pijatan-pijatan ringan padanya. Saat air mengenai kedua mata-rasakan hubungan mata dengan hati. Membasuh mata berarti juga membersihkan emosi-emos negative yang dibangkitkan hati. Pada saat itu, kita kondisikan Jiwa dengan kesadaran berTAUBAT atas dosa-dosa akibat penglihatan kita. Ulangi pekerjaan ini sebanyak tiga (3) kali.

• Seterusnya, basuhlah kedua lengan tangan Anda dari sikut sampai kebawah secara keseluruhan. Mulai dari yang kanan sebanyak tiga (3) kali kemudian yang kiri juga sebanyak tiga (3) kali. Sembari meratakan air lakukan pengurutan ringan mulai dari atas kebawah untuk melancarkan peredaran darah.

• Kemudian, basuhlah kepala secara keseluruhan. Rasakan air yang membasuh kepala Anda juga membasuh pikiran, dengan ini jadikan rileks pikiran Anda. Pada saat itu, kita kondisikan Jiwa dengan kesadaran berTAUBAT atas dosa-dosa akibat pikiran-pikiran kita. Ulangi pekerjaan ini sebanyak tiga (3) kali.

• Berikutnya kita basuh kedua telinga kita baik bagian luar maupun dalamnya. Mulailah dari telinga kanan sebanyak 3 (tiga) kali, kemudian telinga kiri juga sebanyak 3 (tiga) kali Rasakan hubungan antara telinga dengan ginjal. Membasuh telinga berarti juga membersihkan emosi-emos negative yang dibangkitkan ginjal. Pada saat itu, kita kondisikan Jiwa dengan kesadaran berTAUBAT atas dosa-dosa akibat pendengaran kita.

• Sebagai penutup latihan ini, basuhlah kedua kaki dari mata kaki ke bawah. Mulailah dari kaki kanan sebanyak 3 (tiga) kali, kemudian kaki kiri juga sebanyak 3 (tiga) kali. Ketika meratakan air lakukan juga pemijatan padanya. Pada saat itu, kita kondisikan Jiwa dengan kesadaran berTAUBAT atas dosa-dosa akibat langkah-langkah.

• Tutuplah Latihan ini dengan syukur kepada Allah.

Mandi Khusyuk
Setelah latihan Terapi Wudlu Khusyuk sebaiknya dilanjutkan dengan latihan Terapi Mandi Khusyuk. Untuk melakukan Terapi Mandi dapat digunakan air panas maupun dingin, tergantung waktu dan kondisi tubuh. Untuk manusia normal pada waktu pagi dan siang hari, melakukan Terapi Mandi dengan air dingin lebih memberikan manfaat. Sedangkan untuk malam hari atau orang yang kurus, sebaiknya menggunakan air panas. Hidroterapi semacam ini, apabila dilakukan dua atau tiga kali sehari akan berfaedah untuk menjaga kesegaran dan kebugaran tubuh kita.

Berikut dijelaskan teknik terapi Mandi Khusyuk yang dapat langsung dipraktekkan dengan mudah oleh semua pembaca. Berikut adalah penjelasannya :

Untuk mandi akan sangat bermanfaat digunakan sabun yang mengandung antiseptic dengan aroma wewangian yang menyenangkan. Antiseptik akan bermanfaat bagi kesehatan kulit, sedangkan wewangian merupakan Aromaterapi yang sangat bermanfaat untuk menciptakan kondisi relaks. Ketika mandi anda juga dapat mendengarkan musik yang dapat membuat hati anda bahagia. Ikutilah urut-urutannya, sebagai berikut :

Sama seperti ketika melakukan wudlu, mulailah dengan menyebarkan cinta dengan mengucapkan : “Bismillahi Rahmanie Rahiem : Atas nama Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang”. Ketika Anda mandi teruslah berdzikir mengingat Allah di dalam batin semata dan lupakanlah yang lain dari Allah.

Kemudian :

• Pertama : Guyur bagian kepala terlebih dahulu, rasakan setiap aliran air yang mengenai bagian tubuh, kemudian ratakan dengan tangan. Sembari meratakan lakukan pemijatan (pengusapan, penekanan dan penggetaran) dengan jari-jari anda kepada bagian kepala. Untuk proses ini boleh digunakan sampo, sekaligus untuk mengeramasi rambut. Sambil keramas lakukan pemijatan kepala terutama pada titik-titik Pai Hui dan (ditengah tempurung kepala), Mi ze(di samping kepala), Tien Cu(di belakang kepala bagian bawah rambut), I Fung (dibawah kuping, di cekngan rahang bawah), Tien Cu (di perbatasan rambut belakang bawah), Ciau Yin (di belakang kuping ada tulang V, diatas V bila diraba ada cekungan, disitulah). Pijatlah juga bagian wajah, terutama pada titik-titik Se Cu Gung (di cekungan pada ujung sisi luar alis mata), Tung Ce Liao (di cekungan sisi luar mata sejarak ibu jari), Can Cu (di ujung sisi dalam alis mata), Cing ming (di cekungan sudut mata dekat hidung), Tai Yang (pada cekungan pelipis), Se Pai (Sejarak ibu jari dibawah tulang menonjol yang ada dibawah mata), Ti Cang (disisi sudut bibir), Cen Ciang(di tengah-tengah cekungan di bawah bibir). Ulangi proses ini sebanyak 3 kali. Bila dilakukan dengan baik, mandi pijat bagian ini akan memberikan manfaat untuk mencegah dan menyembuhkan sakit kepala, pusing kepala, sakit mata dan menjaga kebugaran wajah.

• Kedua : Lanjutkan dengan tubuh bagian kanan, Guyurlah air ke bagian kanan tubuh, rasakan setiap aliran air yang mengenai bagian tubuh, ratakan ke seluruh bagian tubuh kanan mulailah dari bagian leher, ke bahu, ke lengan, ke pundak, ke punggung, kebagian depan dada, dan ke kaki. Dengan menggunakan sabun ratakan air ke seluruh tubuh bagian kanan ini dan pijatlah titik-titik refleksi dan Akupunturnya, seperti ;
(1). Bagian Leher, pundak dan punggung : Wan Ku (di belakang telinga, di belakang ujung tulang V ada cekungan), Cie Pen(di tengah atas tulang selangka ada cekungan), Cien Cing (diatas pundak, tegak lurus dengan putting susu), Ci Huan (di sudut atas tulang skapula), Ke Su(disisi tulang punggung, sedatar dengan bagian bawah tulang scapula), Cien Liao (diantara lengan dan pundak), Tien Cung(di tengah tulang scapula), Cung Fu (di tengah bawah tulang scapula).
(2) .Bagian Dada, pijatlah titik-titik di sepanjang tulang rusuk, tuang dada dan tulang pinggang.
(3) Bagian Lengan, pijatlah titik-titik : Sia Pai (disisi dalam lengan atas, setinggi putting susu), Ce Ce (di sisi luar sendi), Ci Ce(di sisi dalam sendi siku, searah jari kelingking), Sen Men(di sisi dalam pergelangan tangan), Lao Kung(di telapak tangan, diantara tulang jari manis dan jari tengah).
(4) Tangan, pijatlah titi-titik refleksi enam (6) jalur /Meredian : Paru-paru, Jalur Usus Besar, Jalur Pembungkus Jantung, Jalur San Chiau, Jalur Jantung dan Jalur Usus Kecil.

• Ketiga : Lanjutkan ke bagian tubuh kanan bawah, pijatlah daerah-daerah Ta Cang Su (dua jari di sisi kanan tulang punggung ke 4), Liang Ciu(dua jari di atas tempurung lutut agak ke luar), Sie Hai(dua jari dia atas tempurung lutut agak kedalam), Wai SiYen(Pada cekungan di bawah tempurung lutut sisi luar), Ne Si Yen(pada cekungan di bawah tempurung lutut sisi dalam), Wai Si Yen(pada cekungan di bawah tempurung lutut sisi luar), Wei Cung(tepat di tengah lipatan belakang lutut), Cen Sen(di pinggir batas perut tungkai), Cie Si(ditengah lipatan kaki).

• Keempat : Fokuskan pada kaki kanan, guyurkan air padanya, rasakan sensasinya, dengan sabun pijatlah secara berurutan Enam(6) Jalur/Meredian : Lever-Pankreas, Jalur Lambung, Jalur Empedu, Jalur Kandung Kencing dan Jalur Ginjal.

• Kelima : Ulangi Langkah 3, 4 dan 5 untuk bagian tubuh bagian kiri dengan cara yang persis sama.

• Untuk mengakiri Terapi Mandi ini, guyur seluruh tubuh dengan air sampai tubuh benar-benar bersih dari sisa-sisa busa sabun. Rasakan guyuran air panas/ dingin yang kita siramkan ke tubuh. Nikmati sensasi relaksnya.

Dalam keadaan rileks bersyukurlah kepada Tuhan atas segala nikmat yang diberikan-NYA pada kita. Lalu usaplah seluruh tubuh anda sembari terus bersyukur kepada-NYA. Ucapkanlah syukur : “Alhamdulillahi Rabbil ‘Alamien : Segala Puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam”. Dengan demikian Anda akan menerima Energi Syukur yang membahagiakan jiwa.

 
dibyoDate: Kamis, 2009-10-08, 1:42 AM | Message # 4
Colonel
Group: Administrators
Messages: 154
Reputation: 0
Status: Offline
Terapi Minum Air Putih

Terapi Wudlu & Mandi Khusyuk dapat dilengkapi dengan Terapi Minum Air Putih. Adapun metodenya yang sangat sederhana dapat Anda jalani dengan urut-urutan sebagai berikut :

• Yang pertama : dengan tangan kanan Ambillah air segar (bukan panas atau dingin) dalam gelas.
• Yang kedua : Relaksasikan tubuh, pikiran dan emosi Anda
• Yang ketiga : Bangkitkan kesadaran jiwa terus berdzikir mengingat Allah semata-mata didalam batin.
• Yang keempat : Pegang gelas dan ucapkan “Bismillahi Rahmanie Rahiem : Atas Nama Allah Yang Maha Pengasih & Penyayang”, dengan kesadaran bahwa Cinta : Kasih – Sayang Tuhan mengalir dalam diri Anda. Dan Anda akan menebarkan Cinta ini ke sekitar atas.
• Yang kelima : Teguklah air kemudian dan berhentilah sejenak serta ucapkan syukur “Alhamdulillahi Rabbil ‘Alamien : Segala Puji Bagi Allah Tuhan Semesta Alam”. Timbulkan rasa terima kasih atau syukur pada Tuhan.
• Yang keenam : Ulangi langkah 3, 4, 5 sebanyak tiga (3) kali.
• Yang ketujuh : Kemudian teguklah sisa air digelas sambil terus Anda mengulangi Mantra “Cinta” Bismillahi Rahmanie Rahiem dan Ucapan “Syukur” Alhamdulillahi Rabbil ‘Alamien dalam batin-maka Anda akan memperoleh paduan getaran “Cinta & Syukur” Ilahiah dan membuat diri anda terpenuhi dengan kesehatan, rasa bahagia dan kedamaian.

Terapi Wudlu & Mandi Khusyuk merupakan teknik relaksasi yang dikembangkan dari teknik Wudlu & Mandi dari syariat Islam mempunyai manfaat universal. Manfaat nyatanya adalah menjaga membersihkan dan menjaga kebugaran tubuh, pikiran, emosi serta mendatangkan ketentraman jiwa.

Latihan Terapi Wudlu & Mandi Khusyuk bukanlah hal rumit yan susah dipraktekkan. Terapi ini dapat dilakukan oleh siapapun juga, asal tertarik untuk melakukannya. Latihan Terapi Wudlu Khusyuk dapat dilakukan bersamaan dengan Anda ketika And berwudlu melakukan pensucian diri dari hadats besar ketika akan menjalankan sholat lima waktu. Sedangkan Latihan Terapi Mandi Khusyuk bisa Anda lakukan ketika Anda Mandi Junub dan ketika Anda melakukan mandi minimal sehari dua (2) kali setiap hari untuk membersihkan tubuh.

EPILOG

Sekarang kita sedang memasuki era kedokteran energi. Segala sesuatu di semesta adalah getaran dengan frekuensi tertentu dan yang perlu Anda lakukan adalah melakukan penyesuaian-penyesuaian frekuensi.

Dari sudut pandang fisik, manusia adalah air. Kita memulai hidup sebagai janin yang 99 % adalah air. Ketika lahir, kita adalah 90 % air, dan pada saat kita mencapai dewasa kita adalah 70 % air. Dengan kata lain, di sepanjang hidup kita terutama eksis sebagai air. Jadi bagaimana Anda dapat menjalani hidup yang sehat & bahagia ? Jawabannya adalah memurnikan air yang membentuk 70 % dari kita.

Air memiliki kemampuan untuk menyalin dan mengingat informasi, air dapat menyimpan getaran. Oleh karena itu, gunakanlah air untuk membantu Anda memulihkan dan menjaga kesehatan Anda. Gunakan Kekuatan Jiwa melalui pancaran pikiran dan perasaan untuk menciptakan pola frekuensi bagi kesehatan dan kebahagian hidup Anda – maka Anda dapat mengubah hidup Anda dan Anda dapat menyembuhkan diri sendiri.

Anda yang eksis sebagai air, mengkonsumsi air dan selalu menggunakan air – Anda dapat melakukan terapi air setiap hari dengan “Wudlu dan Mandi Khusyuk” dan Anda akan mendapatkan kesehatan holistic. Dengan mengelola getaran-getaran dan memanfaatkan medium air – Anda akan memasuki gerbang kehidupan baru – yang senantiasa membahagiakan.

 
Forum » Info Ilmu Islam » IPTEX dan ISLAM » WATER RELAXATION SERIAL QUANTUM MEDITATION (Menjaga Kebugaran Tubuh, Pikiran, Emosi & Jiwa melalui)
Page 1 of 11
Search: