Inilah Susunan Keyword Rahasia Yang Membuat (Ratusan) Pengunjung Pertama Langsung Membeli Produk Apapun yang Anda Jual
Mana
yang anda pilih, ratusan pengunjung yang datang ke situs anda lalu
pergi begitu saja meninggalkan situs anda atau satu dua pengunjung saja
tetapi mereka pada kunjungan pertama langsung membeli produk yang anda
jual? Yap..sudah tentu semua memilih yang kedua. Tipe yang kedua ini,
walaupun hanya satu dua mereka dari visitor langsung menjadi kustomer
anda. Sangat menyenangkan bukan walaupun hanya satu dua saja.
Tetapi bagaimana jika kedua pilihan tadi kita gabung menjadi
“Ratusan pengunjung datang ke situs anda atau blog affiliate anda, dan
mereka langsung membeli produk yang anda jual pada kunjungan pertama”
Tentu saja dua kali lebih menyenangkan bukan. Selain income anda naik
dua kali lipat, situs anda juga ramai oleh visitor tertarget.
Jika anda belum punya produk sendiri, anda masih bisa
menjual produk affiliate. Anda bisa membantu menjual produk orang lain
dan anda akan mendapatkan komisi ketika anda berhasil menjual produk
affiliate itu. Jika masih belum tahu apa itu affiliate marketing,
silahkan langganan newsletter saya di samping kanan ini dan anda akan
mendapatkan ebook “memulai bisnis online” + Pengertian jenis2 bisnis
online
Sekarang ayo bahas tentang ” Bagaimana Cara Mendapatkan RatusanLangsung membeli produk apapun
yang anda jual melalui situs anda”. Maaf ya kalo judul dan alamat
permalink postingan ini terlalu panjang. Saya suka yang panjang-panjang
Pengunjung dan Membuat Mereka
Oke..untuk mendapatkan hasil yang maximal, anda bisa menggunakan struktur keyword rahasia yang sebenarnya tidak rahasia. Hanya saja sering tidak disadari oleh kita. Di dunia marketing online, ini dinamakan “Keyword Buying Cycle“. Ini memang berhubungan dengan SEO, karena internet marketing dan SEO kan saling berhubungan
Apakah dan Bagaimanakah Keyword Buying Cycle (KBC) ini Bekerja?
KBC ini menunjukkan perbedaan
keyword yang digunakan orang dalam proses pencarian suatu produk dan
proses pembelian barang yang mereka cari atau inginkan. Di KBC ini ada empat fase keyword yang digunakan, yaitu:
1. Initial Stage
2. Browsing Stage
3. Comparing Stage
4. Buying Stage
Sebelum anda menjadi bingung lebih lanjut
, saya beri contoh misalnya anda menjadi affiliate untuk menjual sebuah
notebook. Dan ada seseorang ingin membeli sebuah notebook melalui
Internet. Kita misalkan saja lo ya, orang itu sangat gaptek dan tidak
tahu informasi apapun mengenai notebook yang ingin dia beli. Untuk
mencari informasi mengenai notebook, dia pergi ke Google.com. Mari kita
lihat diagram ini.
(Klik jika kurang jelas). Orang yang gaptek tadi, pertama Googling mungkin akan berada di Initial Stage
menggunakan kata kunci “Notebook” saja. Keyword yang digunakan
sangatlah tidak spesifik, terlalu umum, banyak saingan dan anda hanya
membuang-buang waktu saja apabila menembak kata kunci satu atau dua
kata yaitu “notebook” atau “laptop notebook”. Dan tentu saja orang tadi
hanya mencari informasi mengenai merek-merek notebook.
Ketika sudah berada di Browsing Stage, orang tadi
telah menemukan merek apa yang dia inginkan. Yaitu Notebook Acer. Tapi
di stage ini yang harus anda tahu adalah, disini persaingan dan
kompetisi masih sangat ketat. Apalagi dalam stage ini, valuenya juga
masih tidak terlalu bagus. Belum tentu orang yang mengunjungi web anda
akan membeli produk yang anda jual. Optimasi anda akan sia-sia karena
sudah capek, tidak dapat hasil pula :)
Dalam Comparing Stage ini value semaking “High”,
artinya orang itu telah semakin siap untuk membeli dan telah menyiapkan
dompetnya. Karena keyword yang dia search semakin spesifik dan saingan
semakin sedikit. Contohnya pada keyword “Notebook Acer Review”,
menunjukkan bahwa orang tadi ingin tahu lebih lanjut ttg notebook itu
dan sudah berhasrat untuk membelinya. Tidak seperti di Initial stage
dan browsing stage, yang isinya orang iseng-iseng saja :p
Nah, terakhir pada Buying Stage. Orang tadi telah
benar-benar pasti dan ingin langsung membeli barang yang dicari. Kata
kunci semakin spesifik dengan adanya merek dan tipe notebook. Tinggal
orang tersebut mencari tempat dimana yang ada diskonnya. Sudah pasti di
situs anda kan ;). Disini juga saingan lumayan rendah.
Jadi:
- Fokuskan situs / toko online anda pada optimasi Long Tail Keyword. Yaitu keyword yang terdiri dari tiga kata atau lebih.
- Hindari optimasi keyword dengan saingan yang berat, seperti keyword satu kata dua kata.
- Jika ingin visitor pertama anda menjadi kustomer, fokus pada keyword Buying Stage. Tambahkan keyword diskon kalo memungkinkan.
- Bedakan antara kata “notebook” dengan “notebooks” karena mungkin pengaruh dalam SEO dan jika di search pun hasilnya beda.
dan masih banyak Kesimpulan dan teknik marketing lainnya yang akan
ditulis postingan-postingan berikutnya. ;) tapi kalo masih bingung
dengan postingan ini silahkan tanya di form komentar. |